Profile Jurusan Kimia

Sebagai institusi pendidikan tinggi, Jurusan Kimia FMIPA UGM melalui Program Studi Kimia ikut bertanggung jawab untuk menyiapkan sumber daya manusia dengan keahlian khusus dalam bidang kimia yang dapat memberikan kontribusi dalam kegiatan produktif, dan untuk menghasilkan hasil riset bagi pengembangan iptek. Selain itu, sebagai bagian dari Universitas Gadjah Mada, Jurusan Kimia FMIPA UGM memikul tanggung jawab pada pembudayaan Ilmu Kimia di Indonesia, Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Secara operasional, kegiatan tersebut diselenggarakan dengan berpedoman pada suatu Kurikulum Program Studi Kimia, yang disusun sesuai dengan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 232/U/2000 tentang Pedoman Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi dan Penilaian Hasil Belajar Mahasiswa dan Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 045/U/2002 tentang Kurikulum Inti Pendidikan Tinggi. Kurikulum tersebut memuat seperangkat rencana dan pengaturan mengenai isi dan bahan ajar serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar.

Sesuai Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003, saat ini Jurusan Kimia FMIPA UGM menyelenggarakan kegiatan pendidikan dan pengajaran dalam rangka menyiapkan 3 (tiga) jenjang kepakaran bidang ilmu kimia, meliputi: (1) Sarjana Sains dalam Bidang Kimia, (2) Magister Sains dalam Bidang Kimia, dan (3) Doktor Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Secara administratif, Program Sarjana Sains dikelola oleh Jurusan Kimia, sedangkan Program Magister Sains dan Program Doktor dikelola bersama dengan Sekolah Pascasarjana Universitas Gadjah Mada.