Gambaran Alumni FMIPA UGM

Sesuai dengan konsep Otonomi Kampus maka alumni juga merupakan komponen perguruan tinggi di samping dosen, karyawan dan mahasiswa. Atas dasar itu, dari alumni tetap diharapkan sumbangannya baik berupa pemikiran maupun fasilitas untuk turut serta membantu kelancaran proses belajar mengajar di Fakultas/Universitas.

Gambaran tentang lapangan kerja dan penempatan para alumni FMIPA-UGM adalah sebagai berikut:

  • Instansi Pemerintah

BATAN, LAPAN, BPPT, IPTN, BPS, LIPI, Departemen Pertambangan dan Energi, Dir Vulkanologi, Metrologi dan Geofisika, PUTL, PLN, RSCM, PUSLITBANG Kesehatan, BTKL, PDAN, PAM, PPTM, BNI, BAPPEDA, BPD, BI, meliputi 33%.

  • Dosen di Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta

UGM, UI, ITB, IPB, UNDIP, UNIBRAW, UNS, UNAIR, USU, UNRI, UNSRI, UNAND, UNSYAH, UNILA, UNUD, UNLAMB, UNCEN, UNPATTI, UNHALU, UNTAD, UNHAS, IKIP, AKAMIGAS, ASMI, AKPRIND, STI Komputer, AKUB, Akademi Analis Kimia, UT, USAKTI, UKI, UMY, UMS, UKRIM, USW, Universitas Atmajaya, Universitas Pertanian Malaysia, Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM) Kuala Lumpur, USM Penang, Politeknik-Caltex Riau, meliputi 10%.

  • TNI

MABES TNI-AU, TNI-AD, TNI-AL, TNI-AU, KEPOLISIAN, PUSLITBANG HANKAM, MABAK, AKABRI, IAL SESKOAL, INTEK TNI-AD, PUSDIKIN, DISLITBANG AURI, meliputi 10%.

  • Industri/Swasta

PERTAMINA, Mobil Oil, Union Oil, Hudbay Oil, SHELL, CALTEX, STANVAC, Schlumberger, PUSRI, PT Zat Asam, PT Krakatau Steel, PT. Bontang, Petrokimia, PT Semen Gresik, PT. Scaindo Alpha Engineering, PT Arindo, PT. Arco, PT. Gorelab Indo, PT. Paramount, ASTRA, TOTAL Ind., ELNUSA, PT Tambang Timah, PT Sulfindo, UNOCOAL AII-Batam, Bank Danamon, PT Sampoerna, meliputi lebih dari 14%.

Jumlah Alumni Program Sarjana (S1) yang dihasilkan FMIPA-UGM dalam jangka 3 tahun terakhir adalah 959 orang, dengan perincian, tahun 2001/2002 (312 orang), tahun 2002/2003 (364 orang) dan tahun 2003/2004 (283 orang), dan mahasiswa lulus pada Program D3 Ilmu Komputer dan Sistem Informasi sebanyak 69 orang, Program D3 Elektronika dan Instrumentasi sebanyak 26 Orang pada tahun 2004 . Dalam usianya yang telah mencapai 49 tahun, yakni mulai berdiri tahun 1955 sampai dengan tanggal 20 Juli 2004, sebanyak 4522 Sarjana S1 FMIPA telah dihasilkan, terdiri dari program studi : Matematika (16,32 %); Statistika (11,57 %); Ilmu Komputer (8,90 %); Fisika (19,03 %); Geofisika (4,15 %); Elektronika dan Instrumentasi (8,03 %) dan Kimia (32,00 %) serta 337 mahasiswa D3 yang telah lulus.

Sebagai sarana komunikasi antar Alumni dan Almamater telah diterbitkan Buletin (non ilmiah), Berkala Ilmiah FMIPA-UGM, Jurnal Fisika Indonesia (JFI) yang diterbitkan oleh Jurusan Fisika dan Indonesian Journal of Chemistry yang diterbitkan oleh Jurusan Kimia FMIPA-UGM yang telah mendapat bantuan dan perhatian besar dari para alumni yang tersebar di seluruh penjuru tanah air.

Untuk mempererat hubungan antara Alumni, dan Civitas Akademika, telah dibangun Student Internet Center (SIC) tahun 2002, untuk meningkatkan kualitas lulus, terutama bidang Teknologi Informasi.