Search

UNIVERSITAS GADJAH MADA FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES 

Search
Search

Seminar Nasional Himpunan Kimia Indonesia (HKI) “Peranan Kimia untuk Memahami Gunung Api”

Dr Surono dalam SN HKI

Sabtu (14/06), Jurusan Kimia Fakultas MIPA UGM menyelenggarakan Seminar Nasional Kimia Indonesia (SN-HKI) dengan tema “Peranan Kimia untuk Memahami Gunung Api”. Acara yang diselenggarakan di Ruang Multimedia Jurusan Kimia FMIPA UGM tersebut turut mengundang Kepala Badan Geologi sekaligus Praktisi dan Peneliti Gunung Api di Indonesia yaitu Dr. Ir. Surono sebagai keynote speaker serta Peneliti dari Badan Geologi, Dr. Hanik Humaida, M.Si. Turut hadir pula Sekretaris Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Gadjah Mada, Prof. Dr. Harno Dwi Pranowo, M.S. untuk membuka acara tersebut.

Salah satu manfaat dari Seminar Nasional Kimia Indonesia (SN-HKI) menjadi wadah temu ilmiah berkala sekaligus ajang komunikasi dan tukar pikiran antar sesama anggota Himpunan Kimia Indonesia (HKI) dalam memajukan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang kimia dan pendidikan Kimia di Indonesia.
Topik yang dibahas dalam Seminar Nasional Kimia Indonesia (SN-HKI) berperan besar dalam pemantapan riset-riset di bidang kimia yang berkaitan dengan Geokimia. Selain itu, isu-siu strategis terkini tentang Geokimia dan Kimia Anorganik, Kimia Analitik dan Lingkungan, Kimia Fisika dan Komputasi, Kimia Organik/Hayati dan Kimia Kependidikan juga diangkat dalam pembahasan Seminar Nasional Kimia Indonesia (SN-HKI).

“Status Normal, Waspada, Siaga, dan Awas adalah Hak Gunungapi mengekapresikan diri dalam mencari keseimbangan baru. Peringatan Dini Normal, Waspada, Siaga, dan Awas adalah Hak Masyarakat untuk mendapatkan informasi dini sebagai bagian dalam perlindungan diri dari ancaman bahaya yang merupanak hak asasi yang dijamini berdasarkan UUD 1945. Status dan Peringatan Dini Normal, Waspada, Siaga, dan Awas bukan untuk meramalkan kapan terjadi dan besarnya erupsi gunung api, namun suatu jembatan yang dibangun dari IPTEK guna menjembatani antar kemauan manusia dan kemauan gunungapi, “ tutur Dr. Ir. Surono menutup materi “Kegunungapian di Indonesia” dalam Seminar tersebut.
Dalam sela-sela seminar tersebut juga dilakukan pergantian pengurus HKI (Himpunan Kimia Indonesia) Cabang Yogyakarta. Terpilih sebagai Ketua Baru HKI Cabang Yogyakarta Periode 2014-2017 Prof. Drs. Sri Juari Santosa, M.Eng., Ph.D. (UGM) yang akan menggantikan Ketua lama Prof. Dr. Harno Dwi Pranowo, M.Si dan didampingi oleh pengurus lain yaitu Dr. Suyanto (UNY), Dr. Riyanto, M.Si (UII), Dr.Hanik Humaida (Badan Geologi Yogya) dan Dr. Tutik Dwi Wahyuningsih (UGM). (humas/mipa)

Author:

Other News

Translate