Sarjana Kimia

Program Studi Kimia

TUJUAN
Menurut Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003, secara umum penyelenggaraan pendidikan tinggi di Indonesia bertujuan untuk menyiapkan sumber daya manusia yang secara profesional dapat menerapkan dan mengembangkan bidang keahliannya, serta mampu menyebarluaskan dan mengupayakan penggunaan keahlian tersebut untuk peningkatan taraf hidup masyarakat dan kebudayaan nasional. Sesuai rumusan Spesifikasi Program Studi Kimia, penyelenggaraan program pendidikan sarjana kimia FMIPA UGM bertujuan untuk:

  1. Membekali mahasiswa dengan ilmu pengetahuan dan keterampilan kimia
  2. Mengembangkan kompetensi mahasiswa dalam penerapan keterampilan kimia
  3. Mengembangkan daya analisis dan kritis mahasiswa dalam bidang kimia
  4. Membekali mahasiswa dengan keterampilan untuk mengadaptasi dan menanggapi secara positif terhadap perubahan
  5. Mengembangkan keterampilan problem-based learning analisis
  6. Mengembangkan keterampilan interpersonal mahasiswa
  7. Membekali mahasiswa dengan kemampuan melakukan pembelajaran multidisiplin
  8. Membantu mahasiswa untuk mengembangkan keterampilan, baik dalam kerja mandiri maupun kerja kelompok dan kewirausahaan dalam bidang kimia

KOMPETENSI
Sasaran luaran pembelajaran Program Studi Kimia adalah memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk memiliki kompetensi dalam hal pengetahuan, pemahaman dan keterampilan dalam bidang ilmu kimia, serta kualitas dan atribut lain seperti berikut:

  1. Pengetahuan dan pemahaman tentang :
    • Sains dasar meliputi matematika, fisika, kimia, dan biologi
    • Aspek umum dari istilah kimia : tatanama, konversi dan satuan-satuan dalam ilmu kimia
    • Tipe-tipe umum reaksi kimia dan sifat-sifat yang menyertainya
    • A4 Prinsip dan prosedur yang digunakan dalam analisis kimia serta karakterisasi senyawa-senyawa kimia, termasuk spektroskopi
    • Sifat perbedaan keadaan materi dan teori-teori yang mendasari
    • Prinsip termodinamika dan penggunaannya dalam ilmu kimia
    • Kinetika perubahan kimia termasuk di dalamnya interpretasi mekanisme reaksi kimia dan katalisis
    • Teknik separasi dan isolasi senyawa kimia
    • Strategi sintesis senyawa kimia
    • Hubungan antar individu atom, molekul dan makromolekul terhadap sifatnya
    • Isu-isu terbaru dalam kemajuan dan penelitian bidang kimia
  2. Ketrampilan berpikir intelektual tentang :
    • B1 Merencanakan dan melaksanakan pekerjaan laboratorium dalam bidang sains dasar meliputi matematika, fisika, kimia, dan biologi
    • B2 Menggunakan ilmu kimia untuk penyelesaian masalah di alam baik kualitatif maupun kuantitatif
    • B3 Menganalisis masalah serta merencanakan strategi untuk memecahkan masalah
    • B4 Menganalisis, interpretasi dan sintesis dari data dan informasi kimia
    • B5 Menjalankan sistem jaminan kualitas dalam ilmu kimia
    • B6 Mempresentasikan dan memberikan argumentasi secara jelas dan benar dalam bidang kimia
  3. Ketrampilan praktek tentang :
    • C1 Menyiapkan, memperlakukan dan mengelola bahan kimia dengan benar dan aman
    • C2 Melakukan kegiatan dalam bidang kimia : sintesis, analisis sistem anorganik dan organik
    • C3 Melakukan pengamatan dan pengukuran sifat-sifat kimia
    • C4 Melakukan interpretasi data hasil pengamatan laboratorium
    • C5 Mengoperasikan peralatan standar kimia: distilasi, ekstraksi, spektrometri, elektroanalis, dll
    • C6 Melakukan penelusuran informasi kimia dengan cepat, akurat dan terkini
    • C7 Memanfaatkan mesin pengolah data dan teknologi informasi dalam bidang kimia
    • C8 Menggunakan bahasa lisan dan tertulis baik untuk Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris
    • C9 Menyajikan laporan dan karya ilmiah secara lisan dan tertulis
  4. Kemampuan manajerial tentang :
    • D1 Berkomunikasi dengan baik secara tertulis dan lisan dalam berbagai forum ilmiah
    • D2 Disiplin dan mampu bekerjasama dengan tim
    • D3 Berinteraksi dengan orang lain
    • D4 Merencanakan dan melaksanakan penelitian
    • D5 Berorganisasi dengan baik
    • D6 Kemampuan untuk bersaing secara nasional dan internasional
  5. Sikap :
    • E1 Peka atas perubahan dan masalah alamiah global/regional/lokal serta berusaha untuk menyelesaikan baik secara individual maupun kelompok
    • E2 Menghargai keorisinalan ide, konsep dan penemuan lainnya (etika umum dan etika profesi)
    • E3 Menghargai upaya interdisiplin dalam mengeksplorasi, memanfaatkan, dan melestarikan sumber daya alam
    • E4 Percaya diri atas kemampuan pribadi