Sarjana Elektronika dan Instrumentasi

Program Studi Elektronika dan Instrumentasi

TUJUAN PENDIDIKAN

  1. mendidik dan mempersiapkan mahasiswa yang memilih bidang studi ini menjadi sarjana yang mampu mengikuti dan menyerap perkembangan ilmu / sains mutakhir dan teknologi maju
  2. membantu mengembangkan dan meneliti, melaksanakan alih ilmu, sains dan teknologi dan menerapkannya untuk kepentingan pembangunan nasional, dalam bidang elektronika, instrumentasi, dan sistem komputer

KOMPETENSI LULUSAN
Ruang lingkup ilmu Elektronika dan Instrumentasi

  • Elektronika (sistem yang dipakai pada pengukuran/deteksi, pemanipulasian/pengolahan sinyal, serta pengolahan dan penampilan besaran-besaran fisis)
  • Instrumentasi (sistem yang dipakai pada pengukuran/akuisisi data besaran fisis)
  • Sistem Komputer (perangkat lunak sistem, sistem operasi, piranti keras dan jaringan)
  • Sistem Cerdas (metoda/algoritma dan perangkat keras yang memungkinkan suatu sistem melakukan kecerdasan)

Kompetensi Utama

  • Mampu menyesuaikan dengan cepat terhadap perkembangan baru di bidang Elektronika, Instrumentasi, Sistem Komputer, dan Sistem Cerdas
  • Kompeten dalam penggunaan model-model matematika, fisika ataupun biologi serta piranti lunak yang terkait untuk keperluan simulasi sistem elektronika dan instrumentasi
  • Mampu menganalisis kebutuhan otomasi pengukuran besaran fisis, dan menghasilkan purwarupa (prototype) dari sistem yang dimaksud
  • Mampu memanfaatkan pendekatan metode analitik dalam riset dan pengembangan dan siap menempuh studi lanjut (M.Sc/Ph.D) dalam bidang sains terapan, teknologi, rekayasa, kebijakan sains/teknologi, atau manajemen iptek
  • Mampu mengimplementasikan/memanfaatkan soft electronics/soft computing, mengapresiasi hard electronics

Secara umum pada dasarnya sarjana-sarjana Program Studi Elektronika dan Instrumentasi disiapkan dengan pilihan salah satu dari dua jalur yang menjembatani kesenjangan antara ilmu-ilmu murni dan rekayasa teknik, yaitu pengembangan ilmu dan penerapan ilmu. Program Studi Elektronika dan Instrumentasi mengupayakan pendidikan dalam bidang yang pada umumnya berada di antara ilmu murni, khususnya Fisika, dan rekayasa, khususnya Teknik Elektro. Terutama yang belum / kurang mendapatkan penekanan pada kedua bidang tersebut, namun diperlukan oleh industri, lembaga-lembaga penelitian dan lembaga pendidikan dalam lingkup pembangunan Nasional.

PRODUK ELEKTRONIKA dan INSTRUMENTASI

  • Implementasi suatu algoritma yang dipakai pada pengukuran, akuisisi data, dan pengolahan sinyal digital dari besaran fisika dalam bentuk piranti lunak, programmable logic, ataupun perangkat keras murni
  • Otomasi/digitalisasi peralatan atau proses yang dipakai pada eksperimen fisis/sains
  • Integrasi sistem pengukuran besaran fisika dengan trend komputasi masa kini (Internet/Web, wireless technology, image processing, etc.)
  • Survey tentang status kini dan arah ke depan sesuatu bidang elektronika dan instrumentasi
  • Penerapan prinsip-prinsip fisika dalam berbagai aplikasi yang menyangkut pengukuran besaran fisis
  • Laboratorium sains virtual yang bersifat off-line (CD-ROM based) ataupun on-line (Internet-based)

PENJABARAN KOMPENTENSI LULUSAN

  1. Pengetahuan dan Pemahaman (Knowledge and Understanding)
    • (KU-1) Mengerti dan memahami sains dasar (matematika, fisika, kimia, dan biologi) untuk keperluan elektronika dan instrumentasi dan sains terapan (ilmu elektronika, dan ilmu komputer) serta teknologi (teknologi informasi dan perangkat elektronika)
    • (KU-2) Mengerti dan memahami sistem elektronika dan instrumentasi dasar secara umum
    • (KU-3) Mengerti dan memahami sistem elektronika analog, digital, dan sistem hibrida (embedded system & evolutionary hardware)
    • (KU-4) Mengerti dan memahami cara-cara mutakhir pengembangan system elektronika dan instrumentasi
    • (KU-5) Mengerti dan memahami kecenderungan perkembangan iptek khususnya yang terkait dengan elektronika dan instrumentasi, seperti elektronika nano, Biology-Inspired system (Bio-System)
  2. Ketrampilan Intelektual (Intelektual Skills)
    • (IS-1) Mandiri untuk belajar lanjut (mengembangkan diri) dan berfikir logis dan analitis untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi secara profesional
    • (IS-2) Mampu dan cakap menterjemahkan suatu masalah elektronika dan instrumentasi menjadi rancangan system dalam bentuk software, hardware maupun kombinasi hardware/software
    • (IS-3) Mampu dan cakap menganalisis kebutuhan komponen hardware/software untuk implementasi rancangan system elektronika dan instrumentasi
    • (IS-4) Mampu dan cakap dalam penggunaan model-model matematika dan fisika serta piranti lunak yang terkait untuk keperluan simulasi sistem elektronika dan instrumentasi
    • (IS-5) Mampu dan cakap dalam menganalisis kebutuhan otomasi pengukuran besaran alami, dan menghasilkan purwarupa (prototype) skala laboratorium dari sistem yang dimaksud
  3. Ketrampilan Praktis (Practical Skills)
    • (PS-1) Mampu dan cakap mengoperasikan instrument laboratorium maupun industri
    • (PS-2) Mampu dan cakap melacak dan menelusuri kesalahan sistem elektronika dan instrumentasi
    • (PS-3) Mampu dan cakap mengimplementasikan rancangan sistem elektronika dan instrumentasi
    • (PS-4) Mampu dan cakap menggunakan komputer sebagai alat bantu maupun sub-sistem elektronika dan instrumentasi
    • (PS-5) Mampu dan cakap mengimplementasikan program komputer untuk simulasi, pengantarmukaan, piranti dapat-diprogram pada berbagai aras bahasa pemrograman
  4. Ketrampilan Managerial (Managerial Skills)
    • (MS-1) Mampu dan cakap memotivasi kelompok kerja, berinovasi, dan berinisiatif dalam suatu kegiatan/proyek
    • (MS-2) Mampu dan cakap memimpin dan/atau bekerjasama dalam kelompok
    • (MS-3) Mampu dan cakap mengelola system elektronika dan instrumentasi baik secara sendiri maupun secara kelompok
    • (MS-4) Mampu dan cakap mengelola kegiatan kerjasama yang multi-disipliner
    • (MS-5) Mampu dan cakap membangkitkan sinergi
    • (MS-6) Mampu dan cakap melihat peluang dan memanfaatkan pekerjaan elektronika dan instrumentasi
    • (MS-7) Mampu bersaing secara nasional dan internasional
  5. Sikap/Perilaku (Attitude)
    • (ATT-1) Jujur, disiplin, ingin tahu, percaya diri, mandiri, beremosi matang, kooperatif, adil, dan dapat dipercaya
    • (ATT-2) Menjunjung tinggi norma, tata nilai, agama, moral, etika umum, dan etika profesi
    • (ATT-3) Dapat menyesuaikan diri dengan cepat terhadap perkembangan iptek
    • (ATT-4) Beretoskerja tinggi dalam melaksanakan setiap usaha/kegiatan