Laboratorium Elektronika dan Instrumentasi

FASILITAS PERALATAN

Fasilitas Laboratorium yang dimiliki meliputi alat-alat ukur dan peralatan lain yang mendukung kegiatan dan penelitian di bidang elektronika dan instrumentasi. Alat ukur tersebut di antaranya adalah multi tester analog dan digital, function generator frekuensi rendah (0,01 Hz) sampai frekuensi tinggi (200 MHz), dan CRO (beberapa di antaranya dapat mengukur sinyal sampai 300 MHz). Beberapa jenis komponen standar seperti R, L dan C juga dimiliki oleh Lab untuk maksud kalibrasi terhadap instrumen yang dibuat/diperbaiki.

Untuk mendukung instrumentasi berbasis komputer, beberapa unit mikroprosesor dan mikro-komputer (PC) banyak dipakai untuk jenis praktikum yang memerlukan pemrograman terhadap data yang dibaca dari tranduser, kemudian diolah dan ditampilkan pada layar komputer serta disimpan dalam disket/hard-disk. PLC untuk mendukung praktikum-praktikum istrumentasi dan otomatisasi kendali instrumentasi.Jenis PC yang dimiliki bervariasi dari PC AT 386 sampai Pentium IV dan Core 2 Duo, dengan sistem operasi Windows dan Linux, serta kesemuanya tersambung ke jaringan Intranet (Lab., Jurusan, Fakultas, Universitas) dan ke jaringan Internet melalui Intranet kampus UGM.

KELOMPOK PENELITIAN
Dalam beberapa tahun terakhir ini, beberapa kelompok penelitian mulai dikembangkan di Laboratorium Elektronika & Instrumentasi untuk menampung kegiatan penelitian para staf. Beberapa kelompok penelitian tersebut adalah:

  • Embedded Intelligence Systems(Ketua: Dr. Jazi Eko Istiyanto)
  • Instrumentation and Control Systems (Ketua: Dr. Agus Harjoko)
  • Intelligence Electronic Systems (Ketua: Dr. Sri Hartati)
  • Grid Systems and Sensor Network (Ketua: Dr. Ahmad Ashari)