Laboratorium Fisika Dasar

Laboratorium Fisika Dasar melayani Praktikum Fisika Dasar untuk mahasiswa semester I dan II Jurusan Fisika dan mahasiswa dari luar Jurusan Fisika, baik dari FMIPA maupun dari luar FMIPA di lingkungan UGM. Saat ini, Laboratorium Fisika Dasar melibatkan 6 orang staf dosen dan 7 karyawan, guna melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi meliputi kelompok Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat.

PENDIDIKAN dan PENGAJARAN

Dharma Pendidikan dan Pengajaran dilaksanakan dengan praktikum mandiri (open ended) dan praktikum kolektif. Praktikum open ended dilaksanakan dengan cara mahasiswa menyiapkan alat, melakukan eksperimen dan analisisnya secara mandiri, sedangkan topik praktikum diberikan oleh pembimbing. Jenis praktikum yang dilaksanakan secara open ended meliputi praktikum gelombang, MFE (bagi mahasiswa S2) , dan skripsi. Praktikum reguler dilaksanakan secara kolektif, dilaksanakan sesuai jadwal dan dibimbing oleh asisten dan dosen. Praktikum model ini diikuti oleh 1400 mahasiswa di semester I dan 800 mahasiswa di semester II, yang tergabung dalam kelompok praktikum Fisika Dasar bagi mahasiswa selain jurusan fisika.

Saat ini, Praktikum Fisika Dasar diikuti oleh mahasiswa yang berasal dari berbagai fakultas. Fakultas tersebut adalah Kedokteran Hewan, Biologi, Geografi, Teknik, Pertanian, Teknologi Pertanian, peternakan, dan MIPA jurusan Kimia dan Matematika.Praktikum semi open ended , merupakan praktikum reguler dengan penekanan pada kemandirian peserta. Praktikum model ini dievaluasi dengan test awal, praktikum, jurnal, laporan dan responsi. Praktikum fisika dasar untuk jurusan fisika menggunakan cara semi open ended.

Untuk meningkatkan pemahaman tentang praktikum fisika dasar, mahasiswa jurusan fisika yang telah menyelesaikan 60 sks, diwajibkan mengambil praktikum khusus (tugas khusus) selama 2 semester dengan jumlah 1 sks/semester. Praktikum model ini,, mahasiswa peserta menguji alat pada topik yang akan diajarkan, dan membimbing peserta praktikum fisika dasar.Bagi mahasiswa fisika dan geofisika setelah menyelesaikan lebih dari sama dengan 80 sks diwajibkan melakukan Tugas Kerja Lab. Fisika yang dibimbing oleh staf Laboratorium Fisika Dasar.Saat ini, laboratorium Fisika dasar melaksanakan Praktikum Fisika Dasar reguler menggunakan 30 judul praktikum dengan daya tampung 300 mahasiswa perdua sesion perhari. Praktikum Fisika Dasar semi open ended , didukung oleh 35 judul praktikum, dengan daya tampung 100 mahasiswa perminggu.

Dalam hal pembimbingan tugas akhir, mahasiswa diberi kesempatan untuk mengerjakan tugas akhirnya di Laboratorium Fisika Dasar, khususnya bagi yang memilih bidang minat kewirausahaan. Matakuliah Komputer Multimedia merupakan matakuliah wajib minat kewirausahaan yang diadakan mulai Semester 2 tahun akademik 2001/2002 telah membantu mahasiswa dalam menemukan topik untuk menyelesaikan studinya. Tugas akhir yang dikerjakan adalah merupakan pengembangan dan penyempurnaan tugas mandiri yang diberikan dalam kuliah Komputer Multimedia, yaitu berupa visualisasi/simulasi fisika, dan simulasi praktikum fisika, yang kesemuanya itu merupakan bagian dari tujuan untuk membangun system pembelajaran berbasis komputer (Computer-Based Training) sebagai alat Bantu kuliah.

PENELITIAN

Laboratorium Fisika Dasar melaksanakan penelitian yang terbagi dalam 2 kelompok, yaitu kelompok Ilmu Pengetahuan Dasar dan Terapan serta Fisika Lingkungan. Pengelompokan ini berdasar minat staf Laboratorium Fisika Dasar, dan peralatan yang tersedia.

Kelompok Ilmu Pengetahuan Dasar dan Terapan melakukan penelitian tentang perilaku mekanika bahan, Resonan Spin Elektron (RSE), dan pembuatan alat Fisika terotomatisasi yang berbasis tranduser. Laboratorium Fisika Dasar memiliki sarana pendukung untukkeompok ini berupa: CRO Storage, 4 unit komputer yang dilengkapi fasilitas perangkat lunak easy plot, dan unit pencetaknya, serta Bomb Calorimeter terkini jenis CA-4 yang berguna untuk menentukan kandungan kalori bahan pergram secara teliti. Kelompok Fisika Lingkungan melakukan penelitian tentang teknologi daur ulang lumbah industri Peternakan Sapi sebagai alternatif dalam mengatasi pencemaran lingkungan. Sarana pendukungnya terdiri dari hologram, refraktometer, stroboskop, dan beberapa unit alat buatan sendiri.

PENGABDIAN MASYARAKAT

Staf Laboratrium Fisika Dasar telah melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat dengancara memberikan penerangan dan demonstrasi alat kepada tamu siswa dan guru SMU. Selain itu, staf Laboratorium Fisika Dasar juga memberikan workshop tentang praktikum Fisika Dasar dan teori ralatnya kepada siswa SMU dan dosen dari perguruan tinggi swasta. Laboratorium ini juga memberikan layanan pembuatan alat praktikum fisika dasar, serta memproduksi buku panduan praktikum dan hand outs Fisika Dasar. Kegiatan layanan masyarakat ini didukung oleh sarana berupa alat stensil, bengkel fisika, komputer beserta printernya, scanner serta internet.