Perpustakaan

Perpustakaan Fakultas MIPA UGM
Gedung SIC Lantai I Sekip Utara, Bulak Sumur,  Kotak Pos BLS 21 Yogyakarta 55281,
e-mail : mipalib@ugm.ac.id

SEJARAH SINGKAT

Perpustakaan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Gadjah Mada berdiri pada tahun 1950 di Mangkubumen Yogyakarta dengan nama Perpustakaan Fisika UGM. Tahun 1960 Perpustakaan Fisika tersebut dipindah ke Sekip Unit III Yogyakarta dan diganti namanya menjadi Perpustakaan Fakultas Ilmu Pasti dan Alam Universitas Gadjah Mada (FIPA UGM). Mulai tanggal 28 Desember 1982 nama FIPA UGM diubah menjadi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Gadjah Mada (FMIPA UGM) yang berlaku sampai sekarang.

JAM LAYANAN

  • Senin s/d kamis : 08.00-15.30 (12.00 – 13.00 istirahat)
  • Jum’at : 08.00-14.30 (11.00 – 13.00 istirahat)
  • Sabtu : 08.00-12.00

FASILITAS

Pelayanan Keanggotaan

Untuk menjadi anggota perpustakaan syaratnya adalah:

  • Menunjukkan kartu mahasiswa UGM
  • Mengisi formulir pendaftaran

Pelayanan Sirkulasi

Pelayanan sirkulasi yaitu pelayanan peminjaman dan pengembalian buku sirkulasi (buku teks). Pelayanan sirkulasi diperuntukkan bagi sivitas akademika UGM yang sudah menjadi anggota perpustakaan. Pelayanan sirkulasi memakai sistem terbuka di mana pengunjung dapat memilih sendiri buku yang dipinjam. Pelayanan sirkulasi menggunakan SIPUS Integrasi UGM. Di ruang sirkulasi disediakan komputer untuk penelusuran buku. Anggota perpustakaan dari FMIPA UGM dapat meminjam maksimal 5 buku teks selama 2 mingga dan dapat diperpanjang 1 kali perpanjangan.Untuk mahasiswa dari fakultas lain di UGM dapat meminjam buku teks 1 buku selama 3 hari.

Ruang Baca

Ruang baca/belajar, terdiri dari ruang baca/belajar bersama dan ruang baca/belajar mandiri.

Ruang Repository

Ruang repository disediakan untuk akses koleksi digital koleksi skripsi dan tesis dengan menggunakan software Eprints. Koleksi ini hanya dapat diakses terbatas di lingkungan Perpustakaan FMIPA UGM.

Ruang koleksi skripsi cetak

Ruangan ini untuk menyimpan koleksi skripsi tercetak 3 tahun terakhir. Di ruang tersebut tersedia komputer penelusuran menggunakan SIPUS Integrasi. Mahasiswa hanya dapat membaca koleksi skripsi di tempat.

Wifi Area

Di lingkungan perpustakaan terdapat koneksi internet dengan menggunakan teknologi wifi sehingga pengunjung yang membawa laptop dapat mengakses berbagai informasi melalui internet.

Software SIPUS Integrasi.

Perpustakaan FMIPA menggunakan software SIPUS Integrasi untuk berbagai kegiatan dan layanan perpustakaan yaitu untuk pengolahan bahan pustaka, statistik, pelayanan keanggotaan, pelayanan sirkulasi, dan OPAC (penelusuran) koleksi (www.opac.lib.ugm.ac.id).

Layanan Penerimaan Karya Akhir Mahasiswa

Bagi mahasiswa FMIPA UGM yang akan yudisium wajib menyerahkan karya akhir mahasiswa (skripsi, tesis dan disertasi).  Untuk skripsi dalam bentuk tercetak dan soft copy (CD), untuk tesis dan disertasi dalam bentuk soft copy (CD). Mahasiswa yang sudah menyerahkan karya akhir akan mendapat surat tanda terima.

Layanan Bebas Pinjam

Mahasiswa yang akan melakukan yudisium wajib melakukan bebas pinjam pustaka. Mahasiswa yang sudah melakukan bebas pinjam pustaka akan menerima surat bebas pinjam.

Locker

Disediakan  locker untuk menyimpan tas pengunjung dengan terlebih dahulu meminjam kunci locker menggunakan identitas diri melalui petugas.

Layanan Foto Kopi

Layanan foto kopi melalui petugas.

KOLEKSI

Koleksi perpustakaan FMIPA UGM terdiri dari buku teks, buku referensi, karya akhir mahasiswa (skripsi, tesis, disertasi, laporan penelitian dan tugas akhir, baik dalam bentuk tercetak maupun digital), jurnal, majalah, dan koran, Koleksi yang dimiliki perpustakaan disesuaikan dengan prodi yang ada, yaitu meliputi subjek ilmu matematika, fisika, kimia, geofisika, teknik, elektronika dan komputer. Selain itu juga ada buku-buku umum serta koran (Kedaulatan Rakyat dan Kompas). Berikut jumlah koleksi Perpustakaan FMIPA UGM sampai tahun 2016.

TATA TERTIB

  1. Pengunjung wajib mengisi buku tamu.
  2. Tas, map, buku cetak, jaket, makanan, minuman tidak boleh dibawa masuk kecuali barang-barang yang berharga.
  3. Pengunjung tidak boleh merokok di ruang perpustakaan.
  4. Pengunjung tidak boleh membawa minuman dan makanan di dalam perpustakaan.

STAF

Staf Perpustakaan FMIPA UGM terdiri dari 5 orang, yaitu:

  1. Wiyarsih, S.IP., MA, bertugas di bagian pengolahan bahan pustaka dan sebagai koordinator.
  2. Ismu Widarto, SIP, bertugas di bagian layanan keanggotaan dan penerimaan karya akhir mahasiswa.
  3. Ani Puji Astuti, A.Md., bertugas di bagian layanan sirkulasi.
  4. Masrumi Fathurrohmah, A.Md., bertugas di bagian layanan sirkulasi.
  5. Warakustarti Listyariwangi, bertugas di bagian layanan karya akhir mahasiswa.