Perpustakaan

SEJARAH SINGKAT

Perpustakaan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Gadjah Mada berdiri tahun 1950 di Mangkubumen Yogyakarta dengan nama Perpustakaan Fisika UGM. Tahun 1960 Perpustakaan Fisika tersebut dipindah ke Sekip Unit III Yogyakarta dan diganti namanya menjadi Perpustakaan Fakultas Ilmu Pasti Alam Universitas Gadjah Mada(FIPA UGM). Mulai tanggal 28 Desember 1982 nama FIPA UGM diubah menjadi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Gadjah Mada(FMIPA UGM) yang berlaku sampai sekarang

FASILITAS

    1. Pelayanan Sirkulasi

Pelayanan sirkulasi memakai sistem terbuka bagi anggota perpustakaan yaitu anggota dapat memilih sendiri buku yang diinginkan. Pelayanan sirkulasi sudah terautomasi

    1. Pelayanan Referensi

Pelayanan referensi dengan sistem terbuka diperuntukkan bagi semua pengunjung perpustakaan. Para pengunjung hanya dapat membaca di tempat atau foto copy (buku cadangan dan jurnal). Untuk skripsi, tesis, disertasi, dan laporan penelitian tidak boleh difoto copy kecuali halaman-halaman tertentu.

    1. Ruang Baca

Ruang baca terdapat di ruang referensi. Diruang tersebut tersedia koleksi buku cadangan, skripsi, tugas akhir, tesis, disertasi, jurnal, majalah dan Koran

    1. Ruang Santai

Tempat terbuka yang terletak ditengah-tengah perustakaan ini diperuntukkan bagi mahasiswa sebagai tempat yang bebas untuk berbagai aktivitas, seperti tempat untuk belajar, akses internet, diskusi dan sebagainya.

    1. Wifi Area

Di lingkungan perpustakaan terdapat koneksi internet dengan menggunakan teknologi wifi sehingga pengunjung dengan membawa laptop dapat memanfaatkan fasilitas ini.

    1. Komputer Penelusuran

Terdapat 4 unit komputer untuk penelusuran buku text, skripsi dan tesis dengan memakai software Sistem Informasi Perpustakaan berbasis WEB yang dapat diakses melalui http:/www.mipa.ugm.ac.id/ atau akses langsung ke 10.31.1.55/digilib/ (Lokal UGM)

    1. Komputer Akses Internet

Tersedia 8 unit komputer yang disediakan bagi mahasiswa untuk akses internet

    1. Kantin

Di samping perpustakaan terdapat kantin yang menyediakan berbagai menu makanan.

    1. Mushola

Perpustakaan juga dekat dengan mushola baik untuk putra maupun putri

KOLEKSI
Koleksi yang dimiliki perpustakaan disesuaikan dengan jurusan yang ada, yang sebagian besar adalah buku bidang matematika, fisika, teknik, kimia dan komputer. Sampai Juli 2010 jumlah koleksi yang dimiliki Perpustakaan adalah :

  1. Buku: 9.087 judul, 19.500 eks
  2. Jurnal Nasional: 71 judul,379 eks
  3. Jurnal Internasional: 316 judul,25.119 eks
  4. Majalah: 162 judul,997 eks
  5. Laporan Penelitian: 827 judul,1.128 eks
  6. Skripsi: 9.158 Judul,9.158 eks
  7. Tesis:773 judul,773 eks
  8. Disertasi: 29 judul, 33 eks

KEANGGOTAAN

Yang menjadi anggota perpustakaan adalah mahasiswa, staf pengajar, dan karyawan FMIPA UGM. Syarat menjadi anggota, khususnya untuk mahasiswa adalah :

  1. Menunjukkan kartu mahasiswa
  2. Menyerahkan pas foto 2 lembar :
    • Ukuran 3 X 4, 1 lembar
    • Ukuran 2 X 3, 1 lembar
  3. Bebas biaya

Mahasiswa yang sudah mendaftar akan mendapatkan kartu anggota perpustakaan yang berlaku untuk satu tahun akademik dan dapat diperpanjang untuk tahun berikutnya.

Bagi pengunjung dari luar FMIPA UGM hanya dapat membaca di tempat atau foto copy buku melalui petugas perpustakaan, dengan mendaftar dahulu.

JAM BUKA

  • Senin s/d kamis : 08.00-15.30
  • Jum’at : 08.00-14.30
  • Sabtu : 08.00-12.00

TATA TERTIB

  1. Pengunjung mengisi buku tamu
  2. Pengunjung diharapkan menunjukkan kartu anggota atau kartu baca
  3. Tas, map, buku cetak, jaket, makanan, minuman tidak boleh dibawa masuk kecuali barang-barang yang berharga
  4. Pengunjung tidak boleh merokok di ruang perpustakaan

PEMINJAMAN

  1. Buku-buku cadangan (jumlahnya hanya satu atau copy pertama) dapat dipinjam semalam yaitu dipinjam satu jam sebelum tutup dan dikembalikan paling lambat jam 09.00 dengan jumlah peminjaman 3 buku
  2. Buku-buku sirkulasi (copy kedua dan seterusnya) boleh dipinjam selama 2 minggu dan dapat diperpanjang 1 kali dengan jumlah peminjaman maksimal 4 buku.
  3. Bagi mahasiswa yang sedang menulis skripsi dapat meminjam buku sirkulasi maksimal 6 buku untuk waktu 2 minggu yang dapat diperpanjang 1 kali dan 4 buku cadangan dalam waktu semalam. Untuk keperluan tersebut maka harus mengajukan surat permohonan prioritas yang ditandatangani oleh dosen pembimbing.