Administrasi SKS

Administrasi Sistem Kredit

Pelaksanaan kegiatan administrasi sistem kredit diatur waktunya sesuai dengan jadwal kalender akademik. Berbagai kegiatan itu adalah

  1. Pendaftaran/Registrasi
    Pada setiap pergantian semester, setiap mahasiswa (baik mahasiswa lama maupun mahasiswa baru)wajib melakukan pendaftaran atau pendaftaran ulang sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang berlaku.
    Pada setiap awal semester, mahasiswa mengecek di Sub Bagian Akademik dan Kemahasiswaan (BAK)FMIPA terkait beberapa formulir isian yang mungkin diperlukan pada semester terkait serta melunasi syarat administrasi keuangan seperti yang diumumkan oleh Direktorat Administrasi Akademik (DAA).Kepada mahasiswa yang telah mendaftarkan akan diberikan Kartu Tanda Mahasiswa. Hanya mahasiswa yang telah terdaftar secara sah berhak mengikuti kegiatan pendidikan dan memanfaatkan fasilitas yang tersedia di Fakultas/Universitas. Mahasiswa yang berencana tidak dapat mengikuti kegiatan
    program pendidikan selama suatu semester harus mengajukan permohonan cuti akademik ke fakultas.
  2. Pengisian Kartu Rencana Studi
    Mahasiswa yang telah terdaftar secara sah perlu mengisi KRS secara online melalui Sistem Informasi Akademik (SIA) Terpadu UGM dengan alamat https://akademika.ugm.ac.id. Setelah KRS pada SIA Terpadu diisi dan dicetak, KRS tersebut perlu disetujui Dosen Pembimbing Akademik (DPA). Setelah mendapatkan tandatangan dari DPA, mahasiswa perlu menyerahkan KRS tersebut ke Sub Bagian Akademik dan Kemahasiswaan FMIPA. Mahasiswa hanya akan memperoleh kredit dan nilai untuk matakuliah-matakuliah yang tercantum dalam KRS secara sah dan tercatat pada SIA Terpadu UGM.
  3. Perubahan Kartu Rencana Studi (KRS)
    Beberapa hari sebelum kuliah dimulai, mahasiswa masih diberi kesempatan untuk mengubah matakuliah pada KRS. Pembatalan atau penambahan matakuliah dalam KRS dapat dilakukan dengan mengisi kembali SIA Terpadu UGM secara online seperti saat pengisian KRS di atas dan tidak diperbolehkan melakukan perubahan KRS saat jadwal kuliah sudah berjalan.
  4. Penerbitan Kartu Hasil Studi (KHS)
    Setelah masa ujian selesai dan pekerjaan ujian telah diperiksa dosen penguji, nilai hasil ujian diumumkan melalui SIA Terpadu dalam bentuk Kartu Hasil Studi (KHS). Setiap ketidakcocokan nilai di SIA Terpadu perlu segera diselesaikan melalui Sub BAK FMIPA.
  5. Cuti Akademik
    Setiap mahasiswa yang berhalangan mengikuti kegiatan pendidikan selama satu semester wajib mengajukan izin cuti akademik dengan sepengetahuan DPA. Mahasiswa yang tidak mengikuti kegiatan pendidikan tanpa izin cuti akademik tetap diperhitungkan masa studinya dan tetap wajib membayar SPP.Selama masa studi dua tahun pertama (tingkat persiapan) terhitung mulai saat mahasiswa terdaftar sebagai mahasiswa pada FMIPA UGM, mahasiswa tidak diizinkan untuk beristirahat kuliah atau cuti akademik. Sesudah masa studi dua tahun pertama tersebut, mahasiswa dapat diizinkan cuti akademik selama tidak lebih dari empat semester. Permohonan cuti akademik setiap kali hanya diberikan untuk jangka waktu 1 semester.