Magister Ilmu Matematika

Program S2 Matematika

PENDAHULUAN

Dalam pembangunan nasional, khususnya dalam pengembangan IPTEKS, peranan ilmu-ilmu dasar (Basic Sciences) termasuk Matematika tidak dapat diabaikan. Hal ini didasarkan pada kenyataan bahwa teknologi tinggi juga mengandung komponen ilmu-ilmu dasar termasuk Matematika dalam kadar yang tinggi pula. Oleh karena itu kebutuhan SDM yang menguasai Matematika lanjut merupakan hal yang sudah tidak dapat dihindari.
Program S2 Matematika UGM berdiri pada Tahun 1992. Sampai dengan periode Wisuda Januari 2009 telah meluluskan 434 Magister Sains Matematika yang kini tersebar pada instansi Pemerintah atau Swasta di seluruh Nusantara, dan sebagian diantaranya sudah atau sedang melanjutkan studi pada Program S3 baik di dalam maupun di luar negeri. Para alumni terhimpun dalam Himpunan Alumni Pasca-sarjana Matematika UGM yang aktif melakukan Pertemuan Ilmiah (Seminar Nasional) dua tahun sekali. Pada semester II tahun 2008/2009 ini jumlah mahasiswa aktif pada Program Studi S2 Matematika UGM kurang lebih 125 mahasiswa. Hasil Akreditasi terakhir yang dilakukan oleh BAN pada tahun 2005, Program Studi S2 Matematika mempunyai nilai A (Unggul).

VISI
Menjadikan Program Studi S2 yang unggul secara nasional dan bersaing (competitive) secara internasional dalam bidang pendidikan, proses pembelajaran, pengembangan dan pelayanan bidang Matematika dalam arti luas demi kejayaan dan kesejahteraan manusia Indonesia khususnya, dan umat manusia pada umumnya.

MISI

  1. Peningkatan mutu lulusan dan penelitian.
  2. Peningkatan kelancaran proses pendidikan agar lama pendidikan tidak lebih lama dari masa studi terjadwal
  3. Peningkatan manajemen sehingga menjadi program studi yang handal