Search

UNIVERSITAS GADJAH MADA FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES 

Search
Search

“Bangga Menjadi Mahasiswa FMIPA UGM”

MIPA Expo 2014 & Talk Show with Inspiring Alumni FMIPA UGM

DSC_0100

Sabtu (08/11), Mipa Expo 2014 dan Talk Show with Inspiring Alumni FMIPA UGM telah terselenggara dengan sukses. Acara yang berlangsung di Auditorium FMIPA UGM tersebut mengusung tema ‘Science in Action’. Dimana maksud dari tema tersebut adalah, MIPA unjuk diri kepada masyarakat luas tentang karya yang telah dihasilkan yang bermanfaat bagi semua . Acara yang target utama pesertanya adalah pelajar SMA/MA/Sederajat se-Yogyakarta maupun para mahasiswa ini dihadiri sekitar 300 lebih peserta. Acara ini dibuka oleh Prof. Dr. Mudasir, M.Eng. selaku Wakil Dekan Bidang Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan Kerjasama FMIPA UGM lalu dilanjutkan dengan pertunjukkan tari saman dari Grup Saka UGM. Acara berlanjut dengan Talkshow With Inspiring Alumni FMIPA UGM dan diakhiri dengan pameran stand dari hasil karya mahasiswa dan dosen, beserta stand dari perwakilan tiap program studi di FMIPA UGM.

Screen Shot 2014-11-10 at 3.38.31 AM

Dalam acara ini unjuk diri tersebut, para mahasiswa dan dosen FMIPA UGM menampilkan karya terbaik mereka dalam sebuah pameran MIPA EXPO 2014. Karya-karya yang ditampilkan berupa hasil karya mahasiswa dan dosen, seperti hasil karya yang diikutsertakan pada ajang penelitian bergengsi tingkat nasional, dan Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) serta karya tim robot yang telah menorehkan banyak prestasi, baik tingkat nasional maupun internasional. Selain hasil karya mahasiswa, dalam acara ini juga ditampilkan stand program studi-program studi yang terdapat di Fakultas MIPA UGM. Seperti yang diketahui, pelajar SMA/MA/Sederajat sebagai target acara ini adalah yang berada di tingkat akhir, yang dalam waktu dekat akan memasuki bangku kuliah, diharapkan dengan adanya stand program studi ini dapat membantu para pelajar untuk mendapatkan informasi apa saja yang ada program studi di Fakultas MIPA UGM seperti minat studi, mata kuliah, praktikum di laboratorium, dll.

Selain dari stand prodi dan hasil karya mahasiswa dan dosen, acara ini juga menampilkan ‘Talkshow With Inspiring Alumni’ FMIPA UGM. Talkshow ini menghadirkan 3 pembicara yang sangat inspiratif, yaitu para alumni dari Jurusan Fakultas MIPA UGM. Pembicara yang pertama adalah Bapak Purwono selaku CEO bimbel Neutron Yogyakarta yang merupakan alumni dari Jurusan Kimia. Pembicara yang kedua adalah Bapak Sunardi selaku Senior Advicer UTC PT Pertamina yang merupakan alumni dari Jurusan Fisika. Sedangkan pembicara yang terakhir adalah Ibu Dina N Wulandari selaku Brand Development PT Paragon yang merupakan alumni dari Jurusan Kimia. Talkshow tersebut dipandu oleh moderator Sabrina W Anggraini selaku mahasiswa Ilmu Komputer angkatan 2012, yang mendapatkan penghargaan dari Wolrd Bank di London karena prestasinya dalam bidang Inovasi Teknologi. Pada talkshow ini, para pembicara menceritakan bagaimana kesan dan pesan di Fakultas MIPA UGM dan kisah sukses mereka dalam meniti karier hingga menjadi sukses seperti sekarang. Talkshow ini bertujuan menginspirasi para pelajar SMA/MA/Sederajat di Yogyakarta, dan para mahasiswa untuk berusaha keras dan tidak pesimis sebagai lulusan dari FMIPA UGM.

Sebagai pembuka dari acara talkshow Bapak Sunardi menceritakan bagaimana kerasnya usaha beliau menjadi Senior Advicer yang sukses sampai sekarang, dan beliau juga menceritakan keluh kesahnya selama bekerja di PT Pertamina. Sedangkan Bapak Purwono menceritakan bahwa perjuangannya membangun Neutron dimulai dari nol. Selain Neutron, beliau juga memegang beberapa perusahaan lain. Ibu Dina N Wulandari bercerita bahwa beliau bangga menjadi alumni dari Jurusan Kimia FMIPA UGM, karena menurut beliau Kimia mencakup segala ilmu, sehingga sangat bermanfaat hingga sekarang untuk berkarier di PT Paragon.

Talkshow ini ditutup dengan kutipan dari Ibu Dina N Wulandari yaitu ‘Jangan malu menjadi almamater MIPA, karena sesungguhnya MIPA itu sangat bagus, tergantung bagaimana kita mengolahnya’. Selain itu juga ada pesan dan kesan dari peserta yang hadir dalam acara talkshow tersebut. Salah satu pesan dan kesan mereka adalah ucapan terima kasih kepada seluruh pihak yang menyelenggarakan, karena dengan diadakannya acara ini, diharapkan mampu menjalin kerjasama yang baik antara para mahasiswa MIPA dengan alumni MIPA yang sudah mapan dan mempunyai prestasi yang luar biasa di luar sana.

Acara ini ditutup dengan pengumuman pemenang stand terbaik. Stand terbaik dinilai berdasarkan penilaian dari para pembicara yang ikut berkeliling stand mahasiswa dan dosen. Dengan berakhirnya acara ini diharapkan bisa menginspirasi segala pihak yang ikut berpartisipasi. (humas/fmipaugm).

Author:

Other News

Translate