Thamrin Usman

Prof.Tham_2-218x300Thamrin Usman, lahir di Pontianak pada 10 November 1962. Anak ke empat (4) dari tujuh (7) bersaudara dari pasangan: Usman A. Syukur (alm.) dan Hj. Salmah Abdullah. Setelah menyelesaikan Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Pontianak, melanjutkan studi S1 Jurusan Kimia di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, masuk melalui jalur Proyek Perintis II (PP II) tahun 1981. Adapun dosen pembimbing semasa studi di FMIPA UGM adalah Dra. Retno W., MSc. (almh.) dan Dr. M. Muchalal. Pada Januari 1988, memulai karier pada perusahaan industri lem di Pontianak. Pada November 1988, karier sebagai dosen di Fakultas Pertanian, Universitas Tanjungpura dimulai (pada saat itu FMIPA UNTAN belum berdiri). Pada 1993, melanjutkan studi S2 ke Perancis di ENSCT-INP Toulouse dan mendalami bidang Kimia Agroindustri, dengan beasiswa dari: ADB – Pemerintah Indonesia. Setelah menyelesaikan Studi S2 pada tahun 1993, ditahun ini pula melanjutkan studi untuk program S3 di kampus yang sama pula yaitu: ENSCT-INP Toulouse, Perancis dan pada tahun ini pula menikah dengan Dewi Ayumi, SE. dan dikaruniai 3 orang anak: Nabila Pyrenina, Abdurrahman Tsany dan Amirah Nurazizah

 

Setelah menyelesaikan studi S3, kembali ke tanah air, mendirikan Pusat Studi Agroindustri dan Agrobisnis UNTAN dan di tahun ini pula oleh Rektor UNTAN ditugaskan untuk menyiapkan pembukaan program studi bidang ilmu MIPA (Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi). Pada tahun 2002 ijin operasional program studi Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi disetujui oleh DIKTI, oleh Rektor UNTAN ditugaskan untuk menjadi Ketua Pengelola FMIPA (Persiapan) UNTAN. Dengan dikeluarkannya ijin pendirian FMIPA UNTAN oleh DIKTI, Thamrin Usman menjadi Dekan FMIPA UNTAN. Setelah menjabat sebagai Dekan FMIPA UNTAN, selama 1,5 (satu setengah) periode, pada tahun: 2010 melalui proses demokrasi, terpilih sebagai Rektor Universitas Tanjungpura untuk periode: 2011 – 2015.

 

Berkarier sebagai akademisi (dosen), kegiatan penelitian kerap dilakukan. Adapun Paten HKI yang telah dimiliki : Nomor ID P 0023215 tanggal 06 April 2009, Metode Transesterifikasi untuk Menghasilkan Biodiesel dengan Katalis Abu Tandan Kosong Sawit. Paten HKI yang sedang dalam proses yaitu: Sintesis Biodiesel dari Sludge Oil dengan Metode Esterifikasi Menggunakan Katalis PTSA-Kaolinit.

 

Kesan dan Pesan
Dosen-dosen di FMIPA UGM, sangat telaten, tidak hanya mengajar tapi juga mendidik.
Yogyakarta merupakan kota tempat pembentukan karakter, dengan segala kompleksitas yang terdapat di kota ini, hendaknya dalam menjalani hari-hari selama menempuh studi di sini agar dijalani dengan hal-hal yang positif dan bermanfaat untuk pengembangan diri, yang pada akhirnya bisa membentuk kepribadian hingga dapat menjadi orang yang berguna di kemudian hari.