Search

UNIVERSITAS GADJAH MADA FACULTY OF MATHEMATICS AND NATURAL SCIENCES 

Search
Search

Lima Prodi UGM Raih Akreditasi ASIIN

UGM kembali menunjukan mutu bidang pendidikan yang sudah memenuhi  standar global dengan terakreditasinya 5 program studi di jenjang sarjana oleh lembaga akreditasi internasional ASIIN, menyusul 11 program studi lainnya yang sudah terakreditasi internasional. 5 prodi tersebut adalah Prodi Matematika, Statistik, Ilmu Komputer, Biologi dan Peternakan.

ASIIN (Akkreditierungsagentur für Studiengänge der Ingenieurwissenschaften, der Informatik, der Naturwissenschaften und der Mathematik) merupakan lembaga akreditasi internasional berasal dari Jerman untuk displin ilmu rekayasa, matematika dan sains, pertanian, biologi.   Akreditasi internasional ASIIN merupakan akreditasi berbasis luaran (Outcome Based Accreditation), dan hal penting yang harus ditunjukan adalah program sudah mengimplementasikan pendidikan berbasis luaran (Outcome Based Education/OBE) dengan menunjukan evaluasi ketercapaian luaran program (Program outcome) dan institusi  menunjukan komitmennya dalam memfasilitasi implementasi OBE.

Kepala Kantor Jaminan Mutu UGM, Prof. Indra Wijaya Kusuma, M.B.A., mengatakan persiapan program studi untuk bisa mengajukan akreditasi ASIIN sudah dimulai sejak tahun 2015, dengan mengimplementasikan sistem pendidikan berbasis luaran (OBE) sehingga banyak sekali perubahan yang dilakukan terutama dalam desain kurikulum dan proses asesmen hasil pembelajaran.

Proses  penyusunan dokumen aplikasi dilakukan selama tahun 2016, aplikasi akreditasi telah dilaksanakan pada awal tahun 2017, mengumpulkan dokumen pada awal Juli, dan visitasi pada November 2017 serta pengumuman hasil akreditasi pada pertengahan April 2018. Hampir tiga tahun setengah prodi didukung fakultas dan dikoordinir oleh Kantor Jaminan Mutu telah bekerja keras melalui semua tahapan proses akreditasi tersebut.

“Dengan hasil ini diharapkan peningkatkan mutu bidang pendidikan, kesesuaian dan pengakuan internasional, akuntabilitas kepada masyarakat, memperkuat implemenasi OBE dan pencapaian target UGM dalam rangka merealisasikan visi UGM sebagai perguruan tinggi pelopor kelas dunia,”papar Indra, Kamis (19/4).

Sementara itu, dengan diraihnya akreditasi internasional ASIIN untuk Prodi S1 Matematika, Ilmu komputer dan Statistika menunjukkan bahwa kualitas pendidikan dan pengajaran di FMIPA UGM sudah memenuhi standar internasional. Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan FMIPA, Dr. rer.nat. Nurul Hidayat Aprilita, M.Si., mengatakan sebelumnya di tahun 2013 Prodi S1 Kimia juga telah mendapatkan akreditasi internasional RSC dan tahun ini akan reakreditasi.

“FMIPA akan terus melakukan perbaikan proses pendidikan dan pengajaran untuk mempertahankan akreditasi internasional dan juga meningkatkan kerja sama internasional, misalnya dalam bentuk dual/double program, student exchange, dan research exchange. Prodi S1 Elektronika dan Instrumentasi serta S2 Ilmu komputer juga sedang menyiapkan akreditasi internasional ASIIN,”kata Nurul.

Dekan Fakultas Biologi, Dr. Budi Setiadi Daryono, M.Agr.Sc., mengatakan hasil akreditasi ini tidak hanya menjadi salah satu kunci indikator performa, tetapi juga menjadi fondasi dan motivasi bagi Fakultas Biologi menjadi center of excellence khususnya di bidang Biologi Tropika di dunia.

Senada dengan itu, Dekan Fakultas Peternakan UGM, Prof. Dr. Ir. Ali Agus, DAA., DEA., menilai hasil akreditasi ini merupakan bentuk pengakuan internasional terhadap terobosan yang dilakukan Fakultas Peternakan. Terobosan yang dilakukan Fakultas Peternakan, imbuh Ali, diharapkan akan membawa fakultas sebagai center of excellence ternak tropis.

“Makanya kita ada Lembu Gama dll. Dan untuk ke sana butuh ilmu, teknologi, manajerial, dan kepemimpinan. Itu sudah kita bekali pula ke mahasiswa,”kata Ali Agus. (Humas UGM/Satria)

Sumber:

https://ugm.ac.id/id/berita/16049-lima.prodi.ugm.raih.akreditasi.asiin

Author:

Other News

Translate